16 Desember 2015

Apakah Tabungan Anda membuat Anda semakin Kaya?


Kita semua tahu kalau kita menabung di bank, maka kita akan mendapatkan bunga sehingga semakin lama jumlah tabungan kita akan semakin bertambah.

Sekarang saya ingin mengajak Anda untuk berpikir sedikitlebih kritis, apakah Anda bertambah kaya dengan bunga yang Anda dapatkan dari bank?

Kartu ATM MC


Anggap saja sekarang Anda punya uang sebanyak sepuluh juta rupiah (Rp. 10.000.000,-). Uang ini Anda tabungke dalam deposito berjangka 1 tahun dengan bunga 8%. Apabila kita hitung secara sederhana, di tahun mendatang jumlah uang tabungan Anda akan bertambah menjadi Rp. 10.800.000,-.

Pertanyaannya adalah: Apakah Anda bertambah kaya?

Apabila Anda hanya melihat dari angka nominal, Jawabannya adalah BENAR. Anda makin kaya. Alasannya adalah jumlah uang Anda bertambah sebesar delapan ratus ribu rupiah (Rp. 800.000,-).
Sekarang mari kita lihat dari aspek real. Anggap saja pada tahun ini harga satu kotak rokok adalah sepuluh ribu rupiah (Rp. 10.000,-). Dengan uang sebesar sepuluh juta rupiah, pada saat ini Anda dapat membeli 1.000 kotak rokok.

Pada tahun berikutnya, jumlah uang Anda bertambah menjadi Rp. 10.800.000,-. Di sisi lain, harga rokok juga naik, katakanlah menjadi Rp. 11.000,-. Jadi dengan jumlah uang Anda pada saat itu, Anda hanya bisa membeli 981 kotak rokok. Lebih sedikit 19 kotak dibandingkan dengan sekarang.

Kembali ke pertanyaan semula:

Apakah Anda bertambah kaya?

Jawabannya adalah TIDAK. Sebab jumlah barang yang bisa Anda beli dengan uang Anda justru semakin sedikit.



HOT TIPS :

Dalam memilih produk tabungan, Anda juga perlu turut memperhitungkan inflasi. Bunga dari tabungan Anda harus lebih tinggi dari tingkat inflasi. Apabila tidak, maka Anda akan menjadi semakin miskin.

 Lakukan dengan cerdas dalam memilih Tabungan

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Disarankan untuk Anda

Rencanakan Hari Tua Anda dari Sekarang

Saya hendak mengajak Anda untuk membayangkan bagaimana Anda akan menjalani hari-hari di masa pensiun nanti. Bagaimana bentuk r...

Pengelola Dana terdaptar pada

Pengelola Dana terdaptar pada
Salim Grup

Diawasi Oleh

Cara Mendaftar

Income dari Bisnis ini

Blog Kang Herry

Blog Kang Herry
Seputar Bisnis Internet

Techno Blog

Techno Blog
Teknik Blogging !